Wednesday, March 30, 2005

A Scrap of My Life

Jakarta, 22 Maret 2005

Hari ini saya bangun jam empat pagi. Bukan karena rajin, tapi lebih karena tidak bisa melanjutkan tidur akibat belum salat Isya dan rasa gerah masih memakai baju dan celana kuliah lengkap. Selain itu saya merasa agak sakit, jadi saya putuskan bangun untuk gerak badan sedikit.

Setelah salat Isya, saya ambil jatah "pembentukan kebiasaan" hari ini: baca Qur’an 1 halaman plus push-up 30 kali (push-up dua kali ulangan, masing-masing 15 kali). Habis itu saya masih merasa cukup kuat untuk gerak badan, jadi saya peregangan badan dan pemanasan sedikit. Gerakan pelajaran Penjas saat masih SMU dulu masih saya ingat beberapa bagian. Saya juga sit-up 20 kali.

Saya lalu bingung memutuskan apakah saya akan melanjutkan menulis novel atau membaca diktat Fisiologi Jantung bahan ujian minggu depan. Saya lebih memilih membaca diktat karena nilai Fisiologi terakhir saya tidak mencapai batas lulus. Sehabis membaca diktat dan menandai bagian penting di dalamnya, saya tersadar kalau saya lapar. Lima menit kemudian saya sudah berada di warung makan tempat makan yang biasa, warteg Mas Da’im di dekat jembatan Polonia. Saya makan nasi setengah porsi, telur dadar dan sepotong tahu rebus. Minumannya air jeruk hangat segelas dan air putih segelas. Kenyang.

Setelah kembali ke kamar saya lagi-lagi berpikir untuk melanjutkan novel saya, tapi ternyata waktunya sudah tidak mencukupi untuk proses kreatif sekaligus pengetikan naskahnya. Makanya saya langsung melakukan ritual pagi: buang air besar, gosok gigi, mandi dan berpakaian lengkap siap berangkat ke kampus. Setelah itu semua beres, ternyata masih terlalu pagi untuk duduk di bis kampus (mahasiswa UI menyebutnya bikun alias bis kuning) sambil menunggu bis itu berangkat ke jalan Salemba Raya no.6 Maka untuk menghabiskan waktu, saya menyalakan komputer dan mengetik tulisan ini sambil mendengarkan musik dari komputer saya.

Sewaktu mandi tadi, saya berpikir seharusnya tiap pagi saya lalui seperti ini; bangun cepat, salat Subuh tepat waktu, masih sempat olahraga dan sarapan setelah membaca bahan kuliah. Ini adalah pagi yang baik, sebuah awal yang baik untuk hari ini. Semoga saja sisa hari ini berlangsung sama baiknya dengan awal hari. Betul-betul sebuah pagi yang sehat.
------------------------------------------------------------------------------

No comments: